1. KLASIFIKASI
a. Ahli
1. Santoso S. Hamijaya
Mengklasifikasikan media pendidikan yang dikaitkan dengan teknologi pendidikan menurut penggunaannya:
a. Media yang penggunaannya secara masal
TV, Film dan slide, Radio
b. Media yang penggunaannya secara individu
kelas laboratorium, kotak unit instruksional.
c. Media yang penggunaannya secara konvensional setiap guru secara individu memegang peranan yang penting dalam pembelajaran.
d. Media pada pendidikan modern
2. Gerlach dan Ely
mengklasifikasikan media menjadi 5 kategori umum menurut sifat benda :
a. benda asli dan manusia
b. gambar gambar
c. benda-benda yang didengar
d. benda-benda cetakan
e. benda-benda yang dipamerkan
3. Edgar Dale
Mengkalsifikasikan media intruksional edukatif berdasarkan pengalaman belajar peserta didik dari yang bersifat konkrit sampai yang bersifat abstrak.
4. Bretz
Mengklasifikasikan media kedalam tujuh kelas, yaitu:
a. media audio motion visual
b. media audio still visual
c. media audio seminotion
d. media motion visual
e. media still visual
f. media audio
g. media yang hanya mampu menampilkan informasi berupa simbol-simbol tertentu.
5. Duncan
Mengklasifikasikan media berdasarkan tingkat kerumitan perangkat media yang dipergunakan.
6. Briggs
lebih mengarahkan pada karakteristik menurut stimulus atau rangsangan yang dapat ditimbulkan dari media sendiri, yaitu kesesuaian rangsangan dengan karakteristik siswa, tugas pembelajaran dan bahan.
7. Gagne
mengklasifikasikan media menjadi tujuh macam yaitu benda untuk didemonstrasikan, komunikasi lisan, media cetak, gambar diam, gambar gerak, film bersuara, mesin belajar.
8. Edling
menurut Edling media merupakan bagian dari enam unsur rangsangan belajar.
b. jenis dan karakteristik
1. media grafis
Bagan, grafik, gambar, komik, karikatur
2. Media Audio
Radio, tape recorder, labor bahasa.
3. Media audio visual
TV, DVD
4. Media proyeksi
OHP, LCD
Tidak ada komentar:
Posting Komentar