Minggu, 03 April 2011

MEDIA PENDIDIKAN DAN PROSES KOMUNIKASI PEMBELAJARAN


1. PROSES BELAJAR MENGAJAR ASEBAGAI PROSES KOMUNIKASI
     Proses belajar mengajar pada hakikatnya adalah proses komunikasi yaiut proses penyampaian pesan dari sumber pesan melalui saluran atau media tertentu ke penerima pesan.
     komponen-komponen proses komunikasi meliputi pesan, sumber pesan, saluran atau media  dan penerima pesan.
2. BENTUK-BENTUK KOMUNIKASI
    1. bentuk komunikasi berdasarkan prosesnya
        a. komunikasi langsung
        b. komunikasi tidak langsung
    2. bentuk komuniksi berdasarkan besarnya sasaran
        Komunikasi massa, komunikasi kelompok, komunikasi perorangan.
    3. bentuk komunikasi berdasarkan arah pesan
        Komunikasi satu arah dan komunikasi timbal balik.
3. Tujuan dan prinsip komunikasi
Tujuan komunikasi
1.      Penemuan konsep diri
2.      Berhubungan dengan orang lain
3.      Meyakinkan media massa
4.      Sebagai sarana hiburan
Prinsip komunikasi
1.      Sebagai paket sinyal
2.      Sebagai transaksi
3.      Proses penyesuain
4.      Melibatkan dimensi kandungan dan hubungan
5.      Urutan-urutan komunikasi dijelaskan
6.      Melibatkan transaksi simetris dan komplementer
7.      Tidak dapat dihindarkan
8.      Memiliki banyak tujuan yaitu untuk menemukan, menghubungkan, membantu, mengajak, bermain.

4.Faktor pendukung dan penghambat komuniksi
Penghambat
1.      Kecakapan yang kurang dalam berkomunikasi terutama di depan umum
2.      Sikap yang kurang tepat
3.      Kurang pengetahuan
4.      Kurang memahami system social
5.      Prasangka yang tidak beralasan.
6.      Jarak fisik.
5.Komunikasi efektif dalam pembelajaran
     Komunikasi dikatakan efektif apabila terdapat aliran informasi dua arah antara komunikator dan komunikan dan informasi tersebut sama-sama direspon sesuai dengan harapan kedua pelaku komunikasi tersebut, harus  memenuhi beberapa unsure sebagai berikut :
1.      Kejelasan
2.      Ketepatan
3.      Konteks atau situasi
4.      Alur
5.      budaya





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar