1. TEKNIK ATAU PROSEDUR PERANCANGAN MEDIA PENDIDIKAN
a. Prosedur Pemilihan Dengan Model ASSURE
Model ini menyarankan enam kegiatan utama dalam merencanakan pembelajaran
1. Analisis karakter siswa
menganalisis karakterumum siswa misal dari jenjang pendidikan, usia, jenis kelamin dan latar belakang sosbud, serta analisis terhadap karakteristik khusus antara lain pengetahuan, keterampilan dan sikap mereka.
2. Tujuan Pembelajaran
berkaitan dengan perilaku dan kemampuan baru yang diharapkan dimiliki dan dikuasai oleh siswa setelah proses pembelajaran selesai, tujuan pembelajaran mempengaruhi media apa yang akan dipilih.
3. Memilih, merancang atau memodifikasi yang sudah ada
apakah media pembelajaran yang telah tersedia akan dapat mencapai tujuan.
4. Menggunakan materi dan Media (uji coba media)
setelah media selesai dibuat maka perlu diadakan uji coba terhadap media tersebut untuk melihat apakah media tersebut sesuai digunakan dalam proses pembelajaran.
5. Respon Siswa
Guru harus mendorong siswa untuk memberikan respon dan umpan balik mengenai keefektifan proses belajar mengajar.
6. Mengevaluasi
tujuan utama evaluasiadalah untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa mengetahui tujuan pembelajaran, keefektifan media.
b. Prosedur pemilihan media model ANDERSON
1. menentukan apakah pesan yang akan disampaikan melalui media termasuk pembelajaran atau hanya sekedar informasi umum atau hiburan.
2. menentukan apakah media itu dirancang untuk keperluan pembelajaran atau hanya sekedar alat bantu mengajar bagi siswa.
3. menentukan apakah tujuan pembelajaran lebih bersifat kognitif, afektif dan psikomotor.
4. Menentukan jenis media yang sesuai untuk jenis tujuan yang akan dicapai
5. Meriview kembali jenis media yang telah dipilih apakah sudah tepat atau masih terdapat kelemahan .
6. Merencanakan, mengembangkan dan memproduksi media.
c. Strategi Penggunaan Media
1. persiapan sebelum menggunakan media
2. kegiatan selama menggunakan media
3. kegiatan tindak lanjut
Tidak ada komentar:
Posting Komentar